Jelang Tahapan Pilkada 2024, KPU Kabupaten Magelang Gelar Lomba Maskot

kabarMagelang.com__Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang, menggelar lomba Maskot untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Sasaran peserta Masyarakat umum terutama adalah Warga Negara Indonesia (WNI) dibuktikan dengan e-KTP. Salah satu tujuannya, adalah untuk memanasi “mesin” Pilkada yang akan dilaksanakan pada Rabu, tanggal 27 November 2024 mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Magelang, Ahmad Rofik Senin (8/4/2024) mengatakan, bahwa tahapan Pilkada serentak, sudah dlaunching oleh KPU RI di Candi Prambanan, tanggal 1 April kemarin. Terkait hal itu, pihaknya ingin agar konsentrasi dan perhatian masyarakat yang masih terkonsentrasi di Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg), beralih ke Pilkada utamanya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magelang. Salah satunya dengan mengadakan lomba maskot ini.

“Saat ini, perhatian masyarakat masih belum ‘move on’ dari Pilpres dan Pileg kemarin. Padahal, tahapan Pilkada sudah mulai. Karena itu, kami ingin menarik perhatian masyarakat ke Pilkada, dengan mengadakan lomba maskot ini,” katanya.

Dijelaskan Rofik, untuk persyaratannya, diantaranya adalah WNI ditandai dengan e-KTP atau NIS untuk pelajar atau kartu mahasiswa. Kemudian, desain original dengan mengisi form surat pernyataan, desain mengandung nilai-nilai demokrasi, sejarah, tradisi dan kultur Kabupaten Magelang. “Yang terpenting tidak mengandung SARA,” ujarnya.

Selain ketentuan umum, ditambahkan Komisioner KPU Kabupaten Magelang, Divisi Sosialisasi Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Yohanes Bagyo Harsono, ada ketentuan khusus. Meliputi, desain maskot harus mencantumkan logo KPU yang dapat di unduh di web KPU Kabupaten Magelang. Kemudian, desain yang dikirim harus disertai penjelasan singkat maksimal 150 kata tentang konsep/ide/filosofi dari maskot, diketik diatas kerta ukuran A4, font Arial, spasi 1,5.

“Selain itu, desain maskot dikirimkan dalam bentuk softfile dalam format JPEG, PNG beresolusi tinggi dan CORELDRAW/ADOPE ILLUSTRATOR. Peserta dilarang menggunakan Generatedan AI dan setiap pesert dapat mengirimkan maksimal 2 karya,” imbuhnya.

Sementara untuk surat pernyataan tentang keaslian karya (originalitas), lanjut Bagyo, link dapat diunduh di https:bit.ly/SuratPernyataanLomba Maskot. Sedang untuk pengumpulan karya, bisa dikirim melalui https:bit.ly/KumpulDesignMaskotMGL2024. 

“Untuk lomba ini, telah kami siapkan hadiah berupa piagam dan uang pembinaan senilai total Rp 8 juta. Info lebih lanjut dapat membuka web KPU Kabupaten Magelang atau menghubungi 0851-5785-9938. Sedang batas pengumpulan desain tanggal 20 April dan untuk pengumuman pemenang akan diumumkan tanggal 23 April besok,” pungkasnya. (haq).

 
https://ouo.io/y61aVa

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started