Walubi Gelar Pengobatan Gratis di Taman Lumbini Borobudur

Borobudur__Menyambut Waisak 2568 BE/2024, Perwakilan Umat Buddha Indonesia (WALUBI) bekerja sama dengan berbagai pihak menggelar bakti sosial pengobatan gratis. 

Kegiatan yang dilaksanakan di Taman Lumbini, Taman Wisata Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Sabtu-Minggu (18-19/5/2024) tesebut, diikuti ribuan masyarakat. 

Ketua II DPD Walubi Jawa Tengah, Tanto Soegito Harsono mengungkap bahwa layanan pengobatan gratis ini ditujukan untuk membantu warga yang membutuhkan, dengan target peserta sebanyak 10.000 orang. 

“Tapi, setelah adanya BPJS (kesehatan), kita nggak pernah mencapai 10.000, walaupun kita pernah 20 tahun yang lalu sampai 20.000,” ungkapnya.

Kegiatan pengobatan gratis ini melibatkan 160 dokter umum dan spesialis, yakni dari TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, Kepolisian, dokter RSUP Dr Sardjito Yogyakarta, RST Dr Soedjono Magelang dan RS Suci Paramita Balaraja Tangerang, serta beberapa tenaga medis dari luar negeri. 

”Ada lima dokter dari Singapura. Dibantu ratusan tenaga medis,” jelas Tanto. 

Wakil Ketua Panitia Waisak Nasional, YM Bhikkhu Dhammavuddha Thera, berharap, kegiatan baksos kesehatan gratis ini bisa membantu meringankan penderitaan atas penyakit yang dari masyarakat.

“Sang Buddha bilang, penyakit adalah merupakan suatu penderitaan di dalam hidup. Melalui kegiatan baksos seperti ini semoga semua penyakit-penyakit dapat disembuhkan,” ujarya.

Salah satu peserta, Mahmudah (38) warga Desa Tuksongo, Kecamatan Boribudur, mengaku sengaja datang untuk memeriksa tubuhnya karena sering kesemutan. 

”Sebelumnya saya juga pernah ikut (baksos pengobatan gratis). Dulu Cabut gigi di poli gigi. Kegiatan ini bermanfaat sekali bisa membantu masyarakat,” katanya. (Haq). 
https://ouo.io/tdj9zO

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started